Skip to main content

Pengungsi Rohingya : Kami memang bertujuan ke Aceh karena orang Aceh Muslim

Pengungsi Rohingya di Aceh Utara
                  FOTO : Jamaluddin/bisnisaceh.com                     Pengungsi Rohingya di Aceh Utara
BANDA ACEH - Juru bicara Pengungsi Rohingya di Aceh Utara, Farid Alam mengatakan bahwa tujuan dirinya dan seratusan pengungsi lainnya dari Myanmar menyelamat diri akibat konflik di negaranya memang ke Aceh, karena orang Aceh memiliki keyakinan yang sama dengan kami, yakni sama-sama orang Muslim.

"Orang Aceh suka menolong, dan orang tua kami juga berpesan jangan lari ke negara lain kecuali ke Aceh," kata Farid yang mahir berbahasa melayu ini kepada Bisnis Aceh hari ini, Jumat.

Ia melanjutkan bahwa dirinya dan ratusan pengungsi lainnya sangat senang dan betah tinggal di Aceh. "Aceh memang menjadi tujuan kami lari dari negeri kami akibat konflik," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Utara, Muhammad Jamil saat dikonfirmasi mengenai apa rencana pemerintah terkait dengan pengungsi Rohingya mengaku bingung dan pusing. "Kita belum tau kemana mereka akan kita bawa dan tempatkan nantinya," ujarnya.

Ia menjelaskan, kewenangan penempatan pengungsi Rohingya menjadi domainnya Imigrasi, karena itu saat ini kita terus berkordinasi dengan pihak mereka. "Pemkab Aceh Utara akan terus berkordinasi dengan pihak imigrasi, mengenai persoalan ini," sebutnya.

Wakil Bupati juga mengaku bahwa dirinya mendapatkan informasi dari para pengungsi Rohingya bahwa mereka tidak mau dipindahkan ketempat lain kecuali di Aceh. "Hal inilah yang membuat kami bingung, saya dapatkan informasi, pengungsi Rohingya tidak bersedia dipindahkan, karena mereka ingin tetap bisa berada di Aceh," urainya.

Sementara itu, Albert Djalius selaku Kasi Wastakim Imigrasi Lhokseumawe saat dimintai pendapatnya mengatakan secara administrasi kenegaraan pihak imigrasi itu sendiri juga belum bisa membuat suatu keputusan mengenai hal itu.

“Belum ada rencana terkait hal itu karena sampai saat ini kita masih koordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Pusat, dan masih menunggu jawaban dari sana,” katanya.

Ia menerangkan, biasanya, pengungsi Rohingya di tampung di Tanjung Pinang, Belawan dan Makassar. "Tapi kita masih menunggu instruksi dari Dirjen Imigrasi di Jakarta," tukasnya.

Sumber: Bisnisaceh.com

Comments

Popular posts from this blog

SOAL ESSAY BIOLOGI TENTANG SEL

SOAL ESSAY BIOLOGI 1. Jelaskan definisi sel menurut anda! Sel adalah bagian struktural dan fungsional dari setiap organisme. Beberapa organisme, misalnya bakteri, merupakan uniseluler, yaitu terdiri dari hanya satu sel saja. Beragam organisme lainnya, misalnya manusia, adalah multiseluler (manusia diperkirakan memiliki 100.000 miliar sel dalam tubuhnya). Teori tentang sel yang pertama kali dikemukakan pada abad ke-19 menyatakan bahwa semua organisme tersusun atas satu atau lebih sel. Setiap sel berasal dari sebuah sel lainnya. Seluruh fungsi vital bagi organisme terjadi di dalam sel dan sel-sel tersebut mengandung informasi genetik yang dibutuhkan untuk mengatur fungsi sel dan memindahkan informasi kepada sel-sel generasi berikutnya. Kata “sel” berasal dari kata dalam bahasa Latin cella , yang artinya adalah ruang kecil. Nama ini dipilih oleh Robert Hooke karena ia melihat adanya kesamaan antara sebuah sel dan sebuah ruangan kecil. Set

SOAL-SOAL ESSAY BIOLOGI TENTANG SISTEM PENCERNAAN

1.   Jelaskan perbedaan antara pencernaan mekanis dengan pencernaan kimiawi? Kalau secara mekanis dilakukan oleh gigi-gigi di dalam mulut sedangkan secara kimiawi    dilakukan oleh enzim-enzim yang dihasilkan oleh saluran pencernaan. 2. Apakah manfaat dari makanan berserat dan apa yang terjadi jika kekurangan serat? Makanan berserat dapat mencegah kegemukan dan meningkatnya kolesterol darah, menyerap racun di usus, memudahkan buang air besar dan juga member rasa kenyang. Kekurangan serat dapat menimbulkan sembelit dan kanker usus . 3. Apakah fungsi dari Enzim Ptialin sebutkan contohnya? Enzim ptialin berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yaitu maltose dan glukosa. Contohnya jika kalian membiarkan nasi di dalam mulut yang mula-mula terasa tawar, beberapa saat kemudian akan terasa manis. 4. Sebutkan beberapa gangguan dan kelainan pada system pencernaan makanan?       Diare atau mencret adalah gangguan penyerapan air di usus besar sehingga a

PERBEDAAN ANTARA CURAHAN TENAGA KERJA DAN HARI ORANG KERJA (HOK)

Curahan tenaga kerja adalah besarnya tenaga kerja efektif yang dipakai. Ukuran tenaga kerja dapat dinyatakan dalam hari orang kerja (HOK). Satuan ukuran yang dipergunakan untuk menghitung besarnya tenaga kerja adalah satu HOK atau sama dengan satu hari kerja pria (HKP), yaitu jumlah kerja yang dicurahkan untuk seluruh proses pruduksi yang diukur dengan ukuran kerja pria. Untuk meyetarakan, dilakukan konversi berdasarkan upah di daerah penelitian. Hasil konversinya adalah satu hari pria dinilai sebagai satu hari kerja pria (HKP) dengan delapan jam kerja efektif per hari. (Rahim dan Dian, 2008) Universitas Sumatera Utara Satuan yang sering dipakai dalam perhitungan kebutuhan tenaga keraj adalah HKO (hari kerja orang) dan JKO (jam kerja orang). Pemakaian HKO ada kelemahanya karena masing-masing daerah berlainan (1 HKO di daerah B belum tentu sama dengan 1 HKO di daerah A) bila dihitung jam kerjanya. Sering kali dijumpai upah borongan yang sulit dihitung, baik HKO maupun JKO-nya (Surati