Skip to main content

Analisis Sosisologi Umum IPB TERJADINYA PEMUSATAN KEKUASAAN

MK SOSIOLOGI UMUM
Tanggal   : 27 November 2014
Nama : Muhammad Kurnia Nasution (E14140022)
Ruang      : CCR 2.15 (Q04.1)


Praktikum XI KEKUASAAN DAN WEWENANG
TERJADINYA PEMUSATAN KEKUASAAN
Catatan untuk Bachrun Martosukarto
Oleh : Sulardi

PENGGULINGAN KEKUASAAN : ANTARA ORLA DAN ORBA
Oleh : Panji Semirang

SAMPANG DAN TRADISI PERLAWANAN
Oleh : Anwar Hudijono
Nama Asisten:
Ulfi Urfillah/I29120032
 Tri Nungroho Wicaksono/I39120064
 

Ikhtisar Bacaan I

            Harian Republika , menurunkan tulisan saudara Bachrum Martosukarto (SBM) berjudul Upaya Menghindari Pemusatan Kekuasaan yang menyatakan bahwa perjalanan Negara bangsa ini mengarah pada suatu Negara otoriter dengan pemusatan kekuasaan pada presiden. Bagian akhir SBM memberikan jalan keluar dari pemusatan kekuasaan yang kini terjadi dengan menganjurkan agar lembaga-lembaga tertinggi dan tinggi negara harus diletakkan dalam proporsi yang sebenarnya.. Setelah 53 tahun negara Indonesia merdeka bangsa ini masih terengah-engah untuk menciptakan bangunan hukum yang kokoh dan demokratis, sesungguhnya karena tidak adanya keseimbangan kekuasaan antara presiden sebagai pemegang kekuasaan eksekutif dengan dewan perwakilan rakyat sebagai pemegang kekuasaan legislatif.
 Terjadinya pemusatan kekuasaan berpangkal pada demokrasi yang tidak berjalan. Hal ini terlihat jelas dalam penyusunan peraturan perundangan yang cenderung mengarah pada semakin besarnya kekuasaan presiden dan mudahnya muncul ketentuan ketatanegaraan yang secara yuridis menyimpang dari ketentuan konstitusi. Dengan demikian , muncul doktrin bahwa apa yang dikatakan pemerintah adalah sesuatu yang benar. Ini menunjukkan bahwa semakin ompongnya DPR dalam melaksanakan fungsinya. Terjadi penafsiran tidak benar pada kata “mandataris” sebagai atribut yang menyertai jabatan presiden yang terdapat dalam penjelasan UUD, maka yang terjadi kemudian adalah bahwa pelaksana kedaulatan adalah presiden. Kondisi tersebut diperparah dengan komposisi DPR yang tidak mencerminkan struktur masyarakatnya.
Situasi yang berkembang semakin mengarah pada kondisi bahwa terciptanya UU dilakukan tidak secara demokratis, bahkan cenderung ditentukan oleh presiden yang pada akhirnya menjurus pada pemusatan kekuasaan. Adapun jalan keluar yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan demokrasi politik. Sangat tepat usulan yang kini sering didengungkan, yakni gagasan dicabutnya paket undang-undang politik. Sayangnya, kini tengah terjadi lingkaran setan yang begitu rumit untuk memulainya. Sebab untuk mencabut undang-undang itu, diperlukan anggota-anggota DPR yang berani dan cerdas, sedangkan selama ini kualitas para anggota dewan jelas-jelas dipengaruhi oleh undang-undang tersebut. Jadi problem hanya bisa diatasi bila ada kehendak dari pemegang kekuasaan untuk melakukan perubahan.

Sumber     : Modul Praktikum Sosiologi Umum 2007/2008

Ikhtisar Bacaan II

            Pengertian Orde Lama adalah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara zaman Presiden Soekarno. Pergantian 2 kali orde di Indonesia , Orla (Orde Lama) ke Orba (Orde Baru) dan Orba (Orde Baru) ke Orbaba (Orde Baru yang lebih Baru), terjadi pertumpahan darah, langsung maupun tidak langsung. Pertumpahan darah pergantian Orla dilakukan oleh PKI yang kemudian terjadi balas dendam yang cukup dahsyat. Pertumpahan darah pergantian Orba dilakukan oleh orang-orang bersenjata terhadap pendemo di Universitas Trisakti. Sejarah yang dibuat kemarin dan hari ini adalah sejarah yang tengah berulang. Mahasiswa pada awalnya bergerak mengadakan aksi atas nama moral. Apa yang tidak baik diserang, minta diperbaiki. Kobaran aksi demo lebih dipicu dengan mengorbankan jiwa pendemo. Jatuhnya korban di Universitas Trisakti memicu percepatan aksi reformasi selanjutnya. Kedua demo disebabkan oleh parpol yang pongah dan presiden yang sangat berkuasa.
            Kobaran aksi demo lebih dipicu dengan mengorbankan jiwa pendemo. Pada tahun 1966 korban jiwa jatuh di depan Istana Merdeka, yaitu Arief Rahman Hakim dan Zubaidah. Kemungkinan penembaknya dari kalangan pasukan pengawal presiden . Jatuhnya korban di Universitas Trisakti memicu percepatan aksi reformasi selanjutnya. Sehari setelah pemakaman terjadi kerusuhan dimana-mana. Demo yang terjadi disebabkan oleh parpol pongah dan presiden yang sangat berkuasa. Penyebab keduanya berkuasa dan menjadi tempat bergantungnya berbagai kekuatan karena hukum yang belum benar tidak dilaksanakan dengan benar pula. Nasakom merajalela dengan peran parpol agama yang di pinggiran. Lima tahun kemudian Golkar juga mulai malang melitang yang diperpanjangnya selama 25 tahun lebih.
                 Pada awal demo Orba, makin lama hubungan pendemo dan ABRI makin erat. Ada yang mengatakan hubungan itu berupa partnership tapi ada pula yang menyebutnya tunggang-menunggangi. Pada demo 1998, militer berdiri pada jalur undang-undang, tidak ada yang langsung mendukung demo. Selain itu, terus media massa sangat membantu pendemo, berbeda pada tahun 1966 yang belum ada televisi swasta. Pada tahun 1966 tidak ada korban jiwa lebih banyak. Korban kerusuhan boleh dikata tidak ada. Pada demo 1998, penculikan, penembakan, dan kerusuhan, konon terkoordinasi. Korban jiwa termasuk yang di daerah lebih 1.000 orang. Presiden Soeharto mundur hanya melalui satu langkah besar. Beliau diturunkan setelah mahasiswa   dan pimpinan DPR mengultimatum agar wakil-wakil rakyat segera mengadakan sidang. Akhirnya Soeharto angkat tangan dan langsung menyerahkan kekuasaan kepada Wapres BJ Habibie.

Sumber     : Modul Praktikum Sosiologi Umum 2007/2008

Ikhtisar Bacaan III

             Masyarakat Sampang (Madura) dikenal sebagai masyarakat yang memiliki sifat kaku dan keras. Masyarakatnya memiliki tradisi heroik melakukan perlawanan terhadap kezaliman penguasa. Seperti tragedi Nipah yang terjadi pada tahun 1993. Ketika masyarakat petani miskin tanpa rasa gentar melawan aparat militer, untuk mempertahankan martabat dan hak-hak mereka. Nipah merupakan ilham bagi perlawanan agrarian terhadap kekuasaan dan modal atas tanah. Pada tahun 1997 masyarakat bergolak menentang hasil pemilihan umum karena dinilai tidak jujur dan tidak adil, penuh kecurangan dan rekayasa untuk memenangkan partainya penguasa, Golkar. Peristiwa ini dicatat sebagai cikal bakal penting perjuangan demokrasi Indonesia.
Sampang yang memberikan memberikan ilham lain bahwa kalau membangun demokrasi, jangan cuma bicara teori tetapi harus melalui action melawan rezim otoritarian. Terbentuk image dikalangan masyarakat Sampang bahwa pemerintah itu penindas rakyat. Untuk itulah, ketika ada gelagat pemerintah pusat hendak menganulir Fadhilah Budiono yang terpilih sebagai Bupati Sampang periode 2000-2005 lantaran diprotes PKB. Mereka mendukung Fadhilah karena dia itu dicalonkan oleh Partai Persatuan Pembangunan. Hubungan masyarakat dengan PPP itu terbentuk melalui proses sejarah kuat. Ketika terjadi tragedi Nipah, PPP yang gigih membela mereka. Perlawanan merupakan ornamen kultural Sampang. Ketika rezim Orde Baru melakukan penggarapan partai-partai politik untuk memenangkan Golkar, Sampang menjadi basis perlawanan Partai Nahdlatul ulama (NU) pada pemilu 1971.
Pada pemilu 1982, Sampang tetap menjadi pusat pelawanan. Hasilnya, PPP mendapat 23 kursi, Golkar 9. Pada Pemilu 1987, Sampang menjadi satu-satunya daerah yang belum berhasil di Golkarkan. Untuk itulah, pada Pemilu 1992 pemerintah militer dan Golkar berpadu merealisasikan program ”Golkarkan Sampang”. Golkar untuk pertama kalinya menang telak 23 kursi, PPP 14 kursi. Pada Pemilu 1997, giliran PPP yang mengobarkan semangat ”Rebut kembali Sampang”. Sebaliknya, Golkar berteriak ”Pertahankan Sampang”. Diwarnai pencoblosan ulang dan amuk massa, Golkar akhirnya unggul 21 dan PPP 16. Sampai rezim Orde Baru runtuh, Sampang merupakan daerah yang sulit “ditaklukkan”. Bisa jadi karena mereka mewarisi tradisi perlawanan yang terbentuk melalui perjalanan sejarah yang panjang.

Sumber     : Modul Praktikum Sosiologi Umum 2007/2008


Analisis
1.      Uraikan saluran apakah yang dipakai orde baru untuk memperkokoh kekuasaannya, tunjukan buktinya dan apakah orba kumulatif?

                 Saluran  yang terdapat pada bacaan adalah saluran militer karena terjadi pertumpahan darah pergantian Orba dilakukan oleh orang-orang bersenjata terhadap pendemo di Universitas Trisakti. Buktinya terdapat dalam kalimat” Pada tahun 1966 korban jiwa jatuh di depan Istana Merdeka, yaitu Arief Rahman Hakim dan Zubaidah. Kemungkinan penembaknya dari kalangan pasukan pengawal presiden”. Selain itu terdapat saluran ideologi, karena disebarkannya paham nasakom. Terdapat dalam kalimat “. Nasakom merajalela dengan peran parpol agama yang di pinggiran”.

2.      Apakah runtuhnya kekuasaan Orba disertai dengan anomie, tunjukan buktinya?
                 Iya, karena pengertian anomie itu sendiri adalah keadaan tanpa norma atau kekacauan sosial. Ketika runtuhnya Orde Baru, terjadi pergerakan masyarakat yang menyebabkan perubahan sosial. Pemerintah sendiri melalukan pelanggaran terhadap hukum dengan membunuh mahasiswa yang mendemo Soeharto untuk turun.

3.      Menurut pemikiran Hurton dan Hunt (1960) model kekuasaan mana yang berlaku di Indonesia, tunjukan buktinya?

Pada bacaan pertama, model kekuasaan dialektik kelas sosial. Karena, sesuai dengan pengertiannya sendiri yaitu negara biasanya melayani kepentingan kelas sosial dominan yang biasanya berkuasa. Buktinya terdapat dalam kalimat “Terjadinya pemusatan kekuasaan berpangkal pada demokrasi yang tidak berjalan. Hal ini terlihat jelas dalam penyusunan peraturan perundangan yang cenderung mengarah pada semakin besarnya kekuasaan presiden dan mudahnya muncul ketentuan ketatanegaraan yang secara yuridis menyimpang dari ketentuan konstitusi”.
Pada bacaan kedua juga kekuasaan dialektik kelas sosial. Karena, sesuai dengan pengertiannya sendiri yaitu negara biasanya melayani kepentingan kelas sosial dominan yang biasanya berkuasa. Buktinya terdapat dalam kalimat “ Demo yang terjadi disebabkan oleh parpol pongah dan presiden yang sangat berkuasa. Penyebab keduanya berkuasa dan menjadi tempat bergantungnya berbagai kekuatan karena hukum yang belum benar tidak dilaksanakan dengan benar pula”.
Pada bacaan ketiga model kekuasaan polimorfik, karena tidak ada satupun kelompok pun yang selalu menang. Buktinya terdapat dalam kalimat “Terbentuk image dikalangan masyarakat Sampang bahwa pemerintah itu penindas rakyat. Untuk itulah, ketika ada gelagat pemerintah pusat hendak menganulir Fadhilah Budiono yang terpilih sebagai Bupati Sampang periode 2000-2005 lantaran diprotes PKB. Mereka mendukung Fadhilah karena dia itu dicalonkan oleh Partai Persatuan Pembangunan. Hubungan masyarakat dengan PPP itu terbentuk melalui proses sejarah kuat. Ketika terjadi tragedi Nipah, PPP yang gigih membela mereka”.

4.      Bandingkan pola kekuasaan di Indonesia di tingkat daerah dan negara ini mengacu pada kasus Sampang, Apakah kekuasaan dan wewenang ada dalam satu tangan?
                                                                                                                                               Pola kekuasaan pada tingkat Negara berada di satu tangan, yakni presiden. Sedangkan ditingkat daerah pada kasus sampang juga dipegang oleh bupati, untuk kewenangan di masa orba presiden yang berkuasa, sedangkan di daerah dipegang oleh beberapa orang untuk beberapa masalah.

5.      Apakah istilah perlawanan atau kontra atau Orde Baru atau penggulingan kekuasaan yang anda temukan dalam bacaan mengacu pada gerak kekuasaan atau gerak kepemimpinan?
                Istilah perlawanan atau penggulingan kekuasaan mengacu pada gerak kekuasaan. Masyarakat melakukan penggulingan kekuasaan untuk mengambil kekuasaan yang ada pada penguasa karena dianggap menggunakan kekuasaan dengan tidak benar.

6.      Bandingkan ketiga bacaan, kesimpulan apa yang dapat anda ambil?

              Kesimpulan yang bisa diambil dari ketiga bcaan diatas adalah bahwa pemerintahan yang berada di Indonesia belumlah bisa dikatakan telah mencapai kata demokrasi dan cenderung masih terjadinya sentralisasi. Namun sudah mulai kearah yang lebih baik. Rakyat Indonesia juga sangat kritis melihat penyimpangan demokrasi yang terjadi  di Indonesia dibuktikan dengan dilakukannya berbagai demo-demo apabila ada yang dianggap tidak benar.
Sumber : Lms.ipb.ac.id

Comments

Popular posts from this blog

SOAL ESSAY BIOLOGI TENTANG SEL

SOAL ESSAY BIOLOGI 1. Jelaskan definisi sel menurut anda! Sel adalah bagian struktural dan fungsional dari setiap organisme. Beberapa organisme, misalnya bakteri, merupakan uniseluler, yaitu terdiri dari hanya satu sel saja. Beragam organisme lainnya, misalnya manusia, adalah multiseluler (manusia diperkirakan memiliki 100.000 miliar sel dalam tubuhnya). Teori tentang sel yang pertama kali dikemukakan pada abad ke-19 menyatakan bahwa semua organisme tersusun atas satu atau lebih sel. Setiap sel berasal dari sebuah sel lainnya. Seluruh fungsi vital bagi organisme terjadi di dalam sel dan sel-sel tersebut mengandung informasi genetik yang dibutuhkan untuk mengatur fungsi sel dan memindahkan informasi kepada sel-sel generasi berikutnya. Kata “sel” berasal dari kata dalam bahasa Latin cella , yang artinya adalah ruang kecil. Nama ini dipilih oleh Robert Hooke karena ia melihat adanya kesamaan antara sebuah sel dan sebuah ruangan kecil. Set

SOAL-SOAL ESSAY BIOLOGI TENTANG SISTEM PENCERNAAN

1.   Jelaskan perbedaan antara pencernaan mekanis dengan pencernaan kimiawi? Kalau secara mekanis dilakukan oleh gigi-gigi di dalam mulut sedangkan secara kimiawi    dilakukan oleh enzim-enzim yang dihasilkan oleh saluran pencernaan. 2. Apakah manfaat dari makanan berserat dan apa yang terjadi jika kekurangan serat? Makanan berserat dapat mencegah kegemukan dan meningkatnya kolesterol darah, menyerap racun di usus, memudahkan buang air besar dan juga member rasa kenyang. Kekurangan serat dapat menimbulkan sembelit dan kanker usus . 3. Apakah fungsi dari Enzim Ptialin sebutkan contohnya? Enzim ptialin berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yaitu maltose dan glukosa. Contohnya jika kalian membiarkan nasi di dalam mulut yang mula-mula terasa tawar, beberapa saat kemudian akan terasa manis. 4. Sebutkan beberapa gangguan dan kelainan pada system pencernaan makanan?       Diare atau mencret adalah gangguan penyerapan air di usus besar sehingga a

PERBEDAAN ANTARA CURAHAN TENAGA KERJA DAN HARI ORANG KERJA (HOK)

Curahan tenaga kerja adalah besarnya tenaga kerja efektif yang dipakai. Ukuran tenaga kerja dapat dinyatakan dalam hari orang kerja (HOK). Satuan ukuran yang dipergunakan untuk menghitung besarnya tenaga kerja adalah satu HOK atau sama dengan satu hari kerja pria (HKP), yaitu jumlah kerja yang dicurahkan untuk seluruh proses pruduksi yang diukur dengan ukuran kerja pria. Untuk meyetarakan, dilakukan konversi berdasarkan upah di daerah penelitian. Hasil konversinya adalah satu hari pria dinilai sebagai satu hari kerja pria (HKP) dengan delapan jam kerja efektif per hari. (Rahim dan Dian, 2008) Universitas Sumatera Utara Satuan yang sering dipakai dalam perhitungan kebutuhan tenaga keraj adalah HKO (hari kerja orang) dan JKO (jam kerja orang). Pemakaian HKO ada kelemahanya karena masing-masing daerah berlainan (1 HKO di daerah B belum tentu sama dengan 1 HKO di daerah A) bila dihitung jam kerjanya. Sering kali dijumpai upah borongan yang sulit dihitung, baik HKO maupun JKO-nya (Surati