Muhammad Kurnia Nasution
Departemen Manajemen Hutan (www.manhut.fahutan.ipb.ac.id)
Fakultas Kehutanan (www.fahutan.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233
Departement of Family and Consume Sciences (www.ikk.fem.ipb.ac.id)
College Of Human Ecology (www.fem.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id),
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Jakarta (ID): PT Ghalia Indonesia.
Kuliah Jumat Pagi 12 Februari 2016
Pertemuan pertama kuliah perilaku konsumen dilakukan tanggal 12 Februari 2016 pukul 07.30 s.d. 10.00 WIB. Pak Ujang selaku dosen pengajar pada mata kuliah ini mengenalkan dirinya kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah perilaku konsumen. Awal pembelajaran dosen bertanya kepada mahasiswa apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata konsumen? awalnya saya berfikir gampang untuk menjawabnya namun ketika dosen mengatakan jawaban masing- masing mahasiswa harus berbeda dan yang tidak bisa menjawab akan mendapat hukuman. Akhirnya, satu persatu mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen dan saya menjawab konsumen (brand produk). Konsumen sendiri bisa bersifat perorangan maupun kelompok.
Sumarwan (2010) mengatakan, " Dari beberapa definisi yang telah disebutkan di atas dapat kita simpulkan bahwa perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi". Ada tiga riset perilaku konsumen yaitu perspektif pengambilan keputusan (keputusan rasional), perspektif eksperensial (pengalaman), dan perspektif pengaruh perilaku (dipengaruhi faktor luar seperti, faktor lingkungan fisik, budaya, dsb) (Sumarwan 2011). Ada banyak manfaat dalam mempelajari perilaku konsumen seperti kepentingan pemasaran, pengambilan kebijakan, dsb. Proses keputusan konsumen dalam membeli atau mengkonsumsi produk dan jasa akan dipenagruhi oleh tiga faktor utama yaitu (a) kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh produsen dan lembaga lainnya, (b) faktor perbedaan individu konsumen, (c) faktor lingkungan konsumen (Sumarwan 2011).
Di tengah perkuliahan Bapak Ujang kembali bertanya kepada mahasiswa apa motivasi Anda kuliah di IPB? banyak dari mahasiswa menjawab motivasi berkuliah di IPB adalah untuk menambah ilmu dan mudah mendapatkan pekerjaan. Motivasi memiliki arti tindakan yang di lakukan seseorang untuk memenuhi suatu kebutuhan (Sumarwan 2011). Maslow mengemukakan lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya yaitu, (a) kebutuhan fisiologis (sex, makanan), (b) kebutuhan rasa aman dan kemanan, (c) kebutuahan sosial (dihormati, berteman), (d) kebutuhan ego (status, percaya diri, harga) , dan (e) aktualisasi diri (sukes, kuasa) (Sumarwan 2011). Kuliah pertama perilaku konsumen memberikan saya gambaran secara luas mengenai konsumen dan perilakunya. Banyak motif- motif ataupun faktor-faktor konsumen dalam memutuskan atau membeli, menggunakan, atau menghabiskan produk dan jasa.
Comments
Post a Comment